SELAMAT DATANG

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG .FOLLOW @ikidony YA ! DAN SUMBANG JEMPOL ! :)

26 Mar 2012

Unsur-Unsur Pokok Pembentuk Ice Cream

Sumbang Jempol Ya !! follow twitterku @ikidony .Terima Kasih :)

Ice Cream


  • PENDAHULUAN
sebelum nya like me and follow me ya ! Matur Thank you. Es krim merupakan makanan beku yang terbuat dari campuran produk-produk susu dengan persentase lemak susu yang tertentu ukurannya, dan dicampur dengan telur, ditambah dengan bahan penegas cita rasa dan pewarna Es krim mempunyai nilai protein tinggi selain vitamin dan mineral. Kandungan kalori yang tinggi dalam es krim, diperoleh dari tingginya kadar kemanisan es krim. Karena penambahan gula. Klasifikasi dan komposisi es krim tidak ada yang standard, hal ini tergantung dari peneliti dan negara tempat es krim berasal. Komposisi umum dari beberapa tipe es krim.
Unsur pokok pembentuk es krim:
􀂾Lemak susu : berasal dari susu krim (sweat cream), krim beku, krim plastik, mentega tidak mengandung garam atau minyak mentega.
􀂾Bahan pemanis : Gula, berbagai macam sirup, madu, dextrosa, laktosa, fruktosa dan lain-lain
􀂾Milk Solids Non Fat (MSNF) : Skim susu segar, sweat cream, buttermilk, susu skim bubuk, susu skim manis kondensasidan whey padat.
􀂾Bahan penstabil (stabilizer) : Sodium atau propylene glycol alginate, sodium carboxymethylcellulose, carrageenan (hasil ekstraksi rumput laut dari kelas Rhodophyceae/alga merah yang diektraksi dengan air atau larutan alkali yakni kalsium hidroksida atau natrium hidroksida), gelatin, pectin, agar-agar dan gums seperti tragacanth, caraya, arabic, guar, carob bean dan locust bean
􀂾Bahan pengemulsi (emulsifier) : mono dan digliserida, lecithin, polyoxyethylene, turunan alkohol hexahydric, glycol dan glycol ester.
􀂾Garam mineral : Ca atau Mg oksida, sodium citrate, disodium phosphate, sodium tetrapyrophosphate dan sodium hexametaphosphate.

Homogenisasai pada pembuatan es krim:

Homogenisasi dari pengocokan es krim dimaksudkan untuk mengurangi semua ukuran lemak menjadi ≤ 2 μm. Kerugian pada produk akhir yang disebabkan oleh homogenisasi yang tidak tepat adalah overrun rendah, tekstur es krim kasar, es krim bergetah, mencair dan sebagainya. Pelaksanaan homogenisasi yang tidak tepat tersebut antara lain adalah tekanan terlalu tinggi atau rendah, terlalu banyak gumpalan lemak dan protein susu yang tidak stabil. Suhu yang baik untuk homogenisasi sekitar 71°C.
CONTOH PEMBUATAN

Ice Cream Cake

Bahan Vanilla Ice Cream :
# 500 ml fresh cream
# 750 ml susu full cream
# 5 kuning telor
# 200 gr gula pasir
# vanilla (kemaren pake vanila bean)
# 1 sdt gelatin powder 
Bahan Peach Ice Cream :
# 500 ml fresh cream
# 750 ml susu full cream
# 5 kuning telor
# 200 gr gula pasir
# 1 sdt gelatin powder
# puree peach (bikinnya dari buah peach kalengan yang diblender sampai halus, ingat ya…buahnya aja) 
Cara Membuat:
(Untuk vanilla maupun peach, sebenarnya sama aja…..)
  • kocok kuning telor dengan sedikit gula dengan cara au bain marie sampai mengembang, sisihkan.
  • panaskan susu dengan sisa gula pasir sampai mendidih…(aduk terus selama dipanaskan), kecilkan api
  • masukkan 2 centong susu panas ke kocokan telor, aduk rata lalu masukkan kocokan telornya ke dalam susu sambil diaduk searah sampai adonannya mengental, (apinya kudu dijaga kecil), matikan api
  • masukkan fresh cream dan gelatin, aduk rata sampai gelatin lumer semua
  • dinginkan semalaman (minimal 8 jam)
  • proses di ice cream maker sampai jadi…ikuti instruksi pembuatnya.(buat vanilla ice cream, ekstrak vanillanya dimasukkan barengan dengan gelatin powder, kalo yang peach, puree peachnya masuk pas adonan mau dimasukkan ke ice cream maker (ICM))
Cara Merakit Jadi Ice cake :
  • sediakan 1 buah sponge cake ukuran diameter  22 cm, belah jadi 2
  • siapkan 2 loyang ukuran diameter 20 cm. alasi loyang pakai plastik lengket, biarkan sisanya menjulur keluar loyang, bikinnya 2 lapis biar kuat pas mau keluarin kuenya.
  • taruh kue didasar loyang, siram dengan es krim yang baru keluar dari ICM, bekukan 2 jam
  • sementara yang lapisan pertama lagi di bekukan, sejam kemudian proses lapisan berikutnya….kalo dah jadi siram di atasnya lapisan pertama..bekukan semalaman
  • keluarkan ice cake dari loyang dengan cara, dihair dryer pinggir loyang dulu sampai agak hangat, terus tarik plastik lengketnya….
  • siap dihias dan disajikan

| Free Bussines? |

1 komentar:

  1. Unsur pembentuknya sama aja kan ya gan diantara es krim yang dibuat pakai mesin pembuat es krim dan es krim yang dibuat manusal? :o

    BalasHapus